Belajar Menghitung Usia Kehamilan Anda

Bagi anda calon ibu muda atau bahkan anda yang sedang mengandung anak kedua, ketiga, keempat. Anda juga perlu tahu bagaimana caranya mengetahui usia pada kehamilan anda. Agar anda juga bisa menghitung hpl atau hari perkiraan lahir. Karena sangat penting bagi anda untuk memprediksi kira-kira kapan bayi anda akan lahir. Juga ada perlakuan khusus entah itu asupan nutrisi maupun perawatan kehamilan yang lainnya. Hal yang terlihat spele tetapi ternyata sangat penting untuk diketahui. Untuk itu berikut penjelasan bagaimana belajar menghitung usia pada kehamilan anda. Mari simak.

Cara Menghitung Usia Pada Kehamilan dalam Hitungan Minggu

Untuk mengetahui usia pada kehamilan anda, hanya dengan menghitung hpht yaitu hari pertama haid terakhir. Dengan mengetahui hpht ini, anda bisa menghitung usia pada kehamilan anda dengan cara yang mudah. Seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Pertama anda lihat tanggal hpht anda dengan tanggal hari ini. Ambil saja contoh, semisal saja anda hamil dengan tanggal hpht yaitu tanggal 14 April 2017, kemudian anda ingin mengetahui usia pada kehamilan dalam hitungan minggu pada tanggal 4 Agustus 2017.Menghitung Usia Kehamilan

Lalu anda melakukan pengurangan tanggal 14 April 2017 dengan 4 Agustus 2017 secara matematis.
Mungkin dengan rincian sebagai berikut.

  • Hari 4-14 adalah 20 hari.
  • Bulan 8-4 adalah sebanyak 3 bulan.
  • Tahun 2017-2017 adalah 0 tahun.

Akan didapatkan hasil yaitu 3 bulan dengan lebih 20 hari.

Dalam menghitung usia pada kehamilan, 1 bulan dihitung 28 hari dan tidak 30 hari seperti pada umumnya. Dan 1 bulan tersebut terdiri dari 4 minggu.

Sehingga jika 3 bulan lebih 20 hari artinya 12 minggu yang ditambah dengan 2 atau 3 minggu. Jadi sekitar 14 sampai 15 minggu.

Untuk menghitung usia pada kehamilan ini, ada faktor koreksi yang harus anda ketahui. Faktor koreksi ini akan ditambahkan pada hasil yang sudah didapat tadi. Berikut faktor koreksinya dalam minggu dan bulan.

Baca juga:

Usia kehamilan 4 minggu , tidak perlu ditambah dengan faktor koreksi.

Lalu pada usia kehamilan 6 minggu juga masih tidak perlu ditambahkan dengan faktor koreksi.
Sampai usia kehamilan 8 minggu masih tidak perlu ditambahkan dengan faktor koreksi hingga 8 minggu keatas baru bisa ditambahkan faktor koreksi.

Atau anda bisa menghitungnya dalam hitungan bulan sebagai berikut.

  • Uisa 0 – 2 bulan tidak perlu ditambahkan dengan faktor koreksi.
  • Usia 3 – 5 bulan, ditambahkan dengan 1 minggu.
  • Usia 6 – 8 bulan, ditambahkan dengan 2 minggu.
  • Usia 9 – 10 bulan, ditambahkan dengan 3 minggu.

Nah jika sudah mengetahui faktor koreksi ini, usia pada kehamilan yang awalnya 3 bulan 20 hari berarti masuk pada faktor koreksi usia 3 sampai 5 bulan. Itu artinya di tambah 1 minggu. Jadi usia pada kehamilan anda yang tadinya 14 sampai 15 minggu menjadi antara 15 sampai 16 minggu.

Namun perhitungan ini menjadi kurang akurat apabila siklus menstruasi anda bukan 28 hari. Jika siklus menstruasi kurang dari 28 hari, anda dapat menambahkan 2 minggu pada perhitungannya.

Begitulah kira-kira cara mudah untuk anda belajar menghitung usia pada kehamilan anda. Supaya anda juga tahu kapan kira-kira anda akan melahirkan. Dan memberi asupan nutrisi sesuai dengan usia hamil anda. Atau dengan melakukan kegiatan seperti senam hamil atau yoga sesuai dengan usia hamil. Semoga kehamilan anda sehat selalu.

Belajar Menghitung Usia Kehamilan Anda | Shabranskyy | 4.5