Berbagai Penyebab Air Asi Tidak Keluar

Menjadi ibu adalah impian bagi semua perempuan. Karena perempuan belum akan merasa sempurna jika belum mempunyai anak dari rahimnya sendiri. Kehamilan dari hasil pernikahan anda adalah hadiah luar biasa yang anda rasakan. Mengandungnya selama 9 bulan dan melahirkan. Akan tetapi biasanya bagi anda yang baru saja melahirkan anak pertama, akan merasakan asi tidak keluar setelah melahirkan atau air asi yang sedikit. Dan membuat anda selalu cemas karena bayi anda belum bisa minum air asi dengan maksimal. Tetapi tidak keluarnya air asi ada beberapa penyebab yang harus anda ketahui. Berikut ulasannya, mari simak.

Penyebab-penyebab Tidak Keluarnya Air ASI

ASI yang tidak keluar atau mengeluarkan prduksi air yang sedikit karena ada beberapa penyebab. Untuk anda ibu-ibu muda maupun ibu-ibu yang sudah berpengalaman memiliki anak sebelumnya, anda bisa mempelajari tentang penyebab-penyebab berikut ini. Agar anda bisa mencari solusi terbaik demi buah hati anda. Berikut penyebab-penyebabnya.

Kurangnya Stimulasi Menyusui

Apakah anda para ibu tahu bahwa produksi asi dipengaruhi oleh sering tidaknya bayi anda meminum air asi anda. Ternyata ada rangsangan bagi si ibu jika edang menyusui anaknya, rangsangan ini di pengaruhi oleh hormon oksitosin. Jika anda semakin sering menyusui bayi anda, semakin banyak pula air asi yang diproduksi. Begitu juga sebaliknya. Anda juga harus seimbang dalam menyusui, setiap payudara sebaiknya minimal 20 menit untuk di susui kepada bayi.

Stres, Kelelahan dan Penyakit Ibu

Ternyata penyebab asi tidak lancar juga berasal dari psikis yang tidak stabil. Bagi ibu yang aktif bekerja, pasti banyak sekali pikiran. Atau ibu rumah tangga juga bisa terlalu lelah sehingga mempengaruhi produksi air asi anda. Karena banyaknya aktifitas yang anda lakukan dan mungkin tekanan menjadi ibu untuk pertama kali. Penyakit seperti anemia atau gangguan fungsi tiroid juga mempengaruhi produksi air asi.penyebab asi susah keluar

Rokok, Kafein dan Alkohol

Apabila anda suka mengkonsumsi kopi atau kafein, sebaiknya anda menguranginya saat anda sedang dalam masa menyusui. Karena kafein bisa mengurangi produksi asi. Begitupun dengan rokok, sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. Alcohol pun juga bisa mengurangi produksi air asi dan bisa menghambat perkembangan bayi.

Baca juga artikel kami lainnya:

Riwayat Operasi Payudara

Jika anda memiliki riwayat operasi payudara, ini bisa mempengaruhi produksi air asi anda. Karena saluran asi juga ikut rusak saat payudara di operasi. Bahkan asi tidak keluar saat dipompa juga bisa terjadi pada ibu yang memiliki riwayat operasi payudara.
Namun dibalik penyebab-penyebab tersebut ada solusi yang dapat di lakukan pada anda yang tidak bisa memproduksi air asi dengan sempurna. Berikut ada cara agar asi keluar banyak dan lancar demi asi yang lebih baik.
Keinginan Kuat Memberikan ASI

Harus memiliki keinginan kuat untuk memberikan yang terbaik pada sang buah hati tercinta. Agar memicu juga air asi untuk keluar.

Dukungan Keluarga

Dukungan dari keluarga terutama suami sangat penting dalam cara mengatasi asi tidak keluar pada sang Ibu. Karena akan membuat Ibu semakin semangat menyusui dan memproduksi air asi.

Nutrisi yang Baik

Si Ibu juga harus mendapatkan nutrisi yang cukup dan bergizi. Agar air asi yang diproduksi berkualitas dan sangat mendukung perkembangan si bayi.
Mungkin itu tadi beberapa informasi tentang penyebab air asi tidak keluar dan solusinya bagi anda ibu-ibu menyusui yang memiliki kendala pada air asi. Karena asi adalah makanan terbaik untuk si bayi sampai umur 2 tahun. Berikanlah yang terbaik bagi buah hati tercinta anda. Jangan sampai kehilangan momen terbaik tumbuh kembang si bayi.

Berbagai Penyebab Air Asi Tidak Keluar | Shabranskyy | 4.5