Berbagai Tips dalam Merawat Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Memiliki bayi merupakan suatu karunia dan keberuntungan tersendiri bagi setiap orang tua. Hal ini dikarenakan tuhan telah mempercayakan anak kepada anda. Untuk itu para orang tua biasanya tak segan segan dalam merawat bayi. Banyak beberapa orang tua khususnya ibu merawat anak mereka terutama yang masih bayi secara asal asalan sehingga membuat bayi terkena penyakit atau alergi.

Tentunya jika bayi terkena alergi atau penyakit, anak anda akan tidak merasa nyaman. Hal itu ditandai dengan bayi sering rewel bahkan nangis sepanjang hari. Nah untuk menghindari hal tersebut, simaklah beberapa tips dalam merawat dan memperlakukan bayi dengan benar.

cara merawat bayi bagi ibu muda

Berbagai Cara Merawat Bayi Dengan Baik

Dengan memperhatikan asupan ASI untuk bayi

Para ibu sebaiknya memberikan ASI eklusif untuk bayi yang baru lahir. Sebenarnya memberikan ASI eklusif dan merawat bayi baru lahir dan pada masa usia 0 sampai 6 bulan itu gampang gampang susah. Hal ini dikarenakan biasanya ibu muda yang baru pertama melahirkan air susunya susah keluar bahkan ada yang tidak keluar.

ASI yang tidak keluar harus dipompa menggunakan alat bantu khusus. Sebaiknya para ibu harus memberikan ASI ekslusif selama 2 tahun karena sangat berguna bagi kesehatan dan perkembangan bayi.

Dengan memperhatikan waktu buang air pada bayi

Pada umumnya bayi baru lahir dengan umur beberapa minggu akan mengeluarkan kotoran lebih sering daripada bayi umur lainnya. Hal ini pastinya menjengkelkan untuk para ibu karena sangat meropatkan. Kadang merawat bayi yang baru lahir saat sedang mengeluarkan kotoran apalagi BAB memang sangat merepotkan. Terlebih lagi jika merawat bayi prematur.

Bayi prematur memang lebih sering mengeluarkan kotoran daripada bayi normal. Maka dari itu para ibu harus memperhatikan waktu kapan bayi anda BAB agar anda bisa bersiap diri.

Dengan memperhatikan apa yang tidak disukai bayi

Merawat bayi 1 bulan memang terlihat gampang namun pada kenyataannya susah. Ada banyak hal yang tidak disukai bayi berumur 1 bulan, seperti dimandikan, dikeramas, dipakaikan baju, atau dipakaikan popok. Para bayi kebanyakan akan menangis jika sedang melakukan hal tersebut. Sebenarnya anda bisa mengatasinya dengan cara mengalihkan perhatiannya. Seperti mengganti popok saat dia sedang tidur, atau yang lain sebagainya.

Dengan memperhatikan pakaian yang dipakai bayi

Merawat bayi berumur kurang dari lima bulan memang cenderung lebih sulit apalagi dalam memakaikan baju. Indonesia memiliki iklim yang tropis yang berarti beriklim cenderung panas. Jadi untuk para ibu sebaiknya memakaikan anak anda dengan baju berbahan kain dan tipis dan menyerap keringat pada siang hari. Agar bayi tidak kepanasan dan mengakibatkan alergi atau bentol bentol. Jika anda henda berpergian dengan bayi anda, anda cukup mengenakan jaket, topi dan sepatu.

Baca juga:

Dengan memberikan mainan kepada bayi

Merawat bayi 2 bulan memang terbilang lebih sulit daripada bayi yang berumur 0 sampai 1 bulan. Hal ini dikarenakan bayi berumur 2 bulan sudah bisa berinteraksi dengan orang orang terdekat. Hal ini dikarenakan indera perasa pada bayi sudah mulai berfungsi. Maka dari itu, para ibu disarankan memberikan mainan kepada si kecil. Seperti gantungan yang bergerak dan berbunyi diatas tempat tidurnya agar dapat lebih bisa menajamkan indera pendengaran dan perasanya.

Penjelasan diatas tentang cara merawat bayi dengan baik dan benar yang bisa disampaikan. Para ibu juga harus memperhatikan perkembangan bayi yang lainnya agar bisa mengetahui seberapa jauh bayi mengalami kemajuan.

Berbagai Tips dalam Merawat Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui | Shabranskyy | 4.5