Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Memandikan bayi yang baru lahir memang kadang menjadi suatu persoalan tersendiri bagi anda para orang tua yang baru memiliki anak pertama karena anda tidak memiliki pengalaman untuk memandikan bayi yang baru lahir sebelumnya bukan ? Untuk memandikan bayi baru lahir normal sebenarnya tidaklah sulit. Namun diperlukan beberapa kiat dan tips agar ketika bayi anda dimandikan oleh anda tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ingin tahu lebih banyak seputar cara memandikan bayi ? Simak ulasannya berikut ini.

Tahapan Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Tepat

Untuk memandikan bayi anda yang baru lahir, sebenarnya tidak sulit dan rumit. Karena sebenarnya anda hanya perlu memberikan perasaan nyaman kepada bayi baru lahir perempuan atau laki-laki anda. Karenanya diperlukan beberapa tahapan yang perlu anda simak berikut ini.

1. Siapkan Air Untuk Mandi Anak Anda

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk memandikan bayi baru lahir adalah anda perlu untuk menyiapkan air untuk bayi anda mandi terlebih dahulu. Pastikan untuk selalu menggunakan air hangat untuk memandikan bayi anda. Jika anda bingung seberapa layak air untuk mandi bayi anda tersebut dapat dikatakan hangat, maka pastikanlah bahwa air yang akan digunakan untuk mandi bayi anda berkisar pada suhu 32 sampai dengan 37 derajat selsius.cara mudah memandikan bayi baru lahir 2018

2. Cek Suhu Air Dengan Tangan

Jika anda sudah memastikan bahwa suhu air sudah berada bada angka 32 sampai dengan 37 derajat selsius, jangan buru-buru memasukkan bayi anda kedalam air tersebut untuk dimandikan. Ada baiknya anda mencoba memasukkan tangan anda terlebih dahulu kedalam air tersebut untuk memastikan bahwa air yang akan digunakan untuk mandi anak anda tersebut benar-benar sudah hangat dan tidak terlalu panas.

3. Mandikan Bayi Anda

Setelah air yang akan dipergunakan untuk memandikan bayi anda dirasa sudah cukup hangat, selanjutnya anda perlu untuk mulai memandikan bayi anda. Caranya adalah anda perlu menggunakan satu tangan terkuat anda (boleh tangan kiri dan boleh juga tangan kanan anda) untuk menopang tubuh bayi baru lahir laki-laki atau perempuan anda.

4.Topang Tubuh Bayi Anda

Setelah anda mulai memasukkan bayi anda perlahan-lahan kedalam bak mandi yang berisikan air hangat, gunakanlah tangan anda yang satu lagi (yang tidak anda gunakan untuk menopang tubuh bayi anda) untuk membersihkan tubuh bayi anda terutama bagian lipatan tubuh bayi anda seperti bagian ketiak, lipatan paha, lipatan lengan, lipatan paha dan bagian tubuh lainnya dengan menggunakan sabun bayi tentunya.

5. Biarkan Anak Anda Berendam Sejenak

Setelah itu biarkan anak anda untuk duduk sejenak di dalam air hangat tempatnya mandi. Jika perlu tuangkan satu mangkuk air hangat tambahan untuk menjaga suhu air yang digunakan untuk memandikan bayi anda.

6. Keringkan Tubuh Bayi Anda

Setelah dirasa cukup, angkat bayi anda dari tempat mandinya dan juga letakkan bayi anda pada handuk lembut yang dipergunakkan untuk mengeringkan tubuh bayi anda.

7. Keringkan Juga Bagian Lipatan Tubuh Bayi

Keringkan bagian tubuh bayi baru lahir lucu anda secara cermat dari mulai bagian tubuh yang terlihat sampai ke bagian lipatan tubuh bayi anda. Perlu anda ketahui bahwa jika anda mengeringkan bagian tubuh bayi anda dengan tidak cermat maka potensi timbulnya iritasi pada kulit bayi anda bisa menjadi sangat tinggi karena tubuhnya yang lembab.

8. Beri Bedak Dan Kenakan Busana Untuk Bayi Anda

Berlilah bedakĀ  bayi pada tubuh bayi agar tidak timbul biang keringat. Jika sudah maka anda bisa langsung mengenakan baju pada bayi anda.

Bagaimana ? Sangat mudah bukan untuk memandikan bayi yang baru lahir? Dengan mengikuti langkah-langkah diatas kami yakin anda bisa memandikan bayi anda dengan aman dan akan membuat bayi anda menjadi lebih nyaman.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Benar | Shabranskyy | 4.5