Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Perlu Bunda Ketahui

Cara mengitung usia kehamilan merupakan hal yang paling dicari oleh para ibu hamil saat ini. Dijaman modern seperti sekarang, mereka dapat mencari caranya hanya dengan membuka ponsel dan mencari kata kunci yang diinginkan. Lalu akan muncul beberapa tautan contohnya kalkulator kehamilan dan perkembangan janin, dan sebagainya. Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat ditunggu oleh banyak pasutri, karena lengkap rasanya jika hadir buah hati ditengah tengah rumah tangga. Proses kehamilan itu selama 9 bulan.

Makanya sebagai ibu hamil Anda harus memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan. Selain itu, untuk dapat menjaga kesehatan janin, Anda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai gizi tinggi untuk dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Makanan apa saja yang tidak boleh dan boleh dimakan tentunya berbeda, harus disesuaikan dengan usia kandungan Anda. Maka dari itu agar Anda tidak salah mengkonsumsi makanan, penting bagi Anda untuk mengetahu berapa usia janin Anda yang tengah dikandung sekarang.

Berikut Cara Menghitung Usia Kehamilan

Gerakan Janin

Cara mengitung usia kehamilan dengan menggunakan gerakan janin diperut merupakan salah satu cara menghitung usia kehamilan secara manual. Bila janin mulai bergerak gerak di dalam perut, dan Anda bisa merasakannya, dapat diperkirakan bahwa usia kehamilan Anda telah memasuki minggu 18-minggu 20. Usia tersebut diperuntukan untuk Anda yang memang baru pertama kali mengalami kehamilan, bila Anda sudah pernah hamil, tanda tersebut terjadi di usia kandungan minggu ke 16 sampai 18.cara menghitung kehamilan

Gunakan Kalkulator Kehamilan Online

Cara mengitung usia kehamilan selanjutnya dapat menggunakan kalkulator kehamilan online. Kalkulator ini merupakan kalkulator kehamilan dan kelahiran. Caranya Anda tinggal mengambil ponsel dan ketikan di browser “kalkulator online”. Maka akan keluar tautan yang bisa menghitung usia kehamilan Anda secara online. Anda tinggal masukan tanggal, bulan, dan harus tau hari pertama dan hari terakhir Anda haid. Kemudian akan muncul usia kandungan selain itu juga dapat digunakan untuk mengetahui kelahirannya.

Menggunakan Metode Menghitung TFU

Cara yang satu ini merupakan cara menghitung usia kehamilan jika lupa hpht. TFU merupakan tinggi fundus uteri yang biasanya dilakukan saat pemeriksaan perut si ibu hamil, lebih tepatnya saat pemeriksaan Leopold 1. Dari pengukuran ini dapat diketahui kisaran usia gestasi dan berat badan si janin. Pengukuran ini menggunakan alat ukur berupa dari jari si pemeriksa. Sebenarnya lebih baik TFU diukur dengan menggunakan metylen dengan satuan sentimeter, agar hitungannya menjadi lebih akurat. Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui oleh Ibu Hamil Muda

Menggunakan Pemeriksaan USG

Selanjutnya adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG, dengan ini usia kandungan bisa diketahui dengan mudah karena menggunakan alat yang modern. USG sangat disarankan oleh dokter kandungan bila ingin mengetahui usia dan berat badan si janin. Tapi perlu diingat, bila ingin melakukan pemerikasaan dengan USG umur kehamilan harus dibawah 12 minggu, hal ini bertujuan agar pemeriksaan USG tersebut mampu memberikan hasil yang akurat.

Pemeriksaan Tinggi Puncak Rahim

Metode pemeriksaan tinggi puncak rahim caranya adalah meraba bagian puncak rahim yang menonjol pada dinding perut. Perhitungan ini dimulai dari tulang kemaluan sampai dengan puncak rahim. Dapat dimisalkan, bila jarak antara puncak rahim dan tulang kemaluan adalah 18cm, maka kehamilan tersebut berusia 18 minggu. Perhitungan semacam ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan jari si pemeriksa kandungan, dalam hal ini adalah dokter atau pun bidan.

Dari semua cara menghitung usia kehamilan di atas, cara yang paling baik dan banyak dianjurkan oleh dokter adalah menggunakan pemeriksaan USG, karena itu merupakan cara yang paling akurat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Perlu Bunda Ketahui | Shabranskyy | 4.5