Cara Menjaga Kehamilan Agar Tidak Mengalami Keguguran

Kehamilan merupakan suatu hal yang menggembirakan dan hal paling ditunggu oleh para pasutri. Kehamilan yang dialami wanita dapat segera diketahui melalui tanda tanda kehamilan yang muncul di awal masa kehamilan. Setelah tanda itu muncul maka sebagai calon orang tua haruslah tau caranya menjaga kehamilan agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain keguguran, hal buruk lainnya seperti bayi tidak berkembang dan juga bayi lahir abnormal. Tapi memang banyak dari pasutri yang belum mengetahui cara menjaga kehamilan usia muda dengan baik dan benar agar tidak mengalami keguguran. Maka dari itu, dibawah ini akan dijelaskan cara untuk menjaga kehamilan.

Berikut Cara Menjaga Kehamilan Yang Perlu Anda Lakukan

1. Mengendalikan Emosi Saat Hamil

Menjaga kehamilan salah satunya dapat dilakukan dengan mengendalikan emosi. Karena wanita hamil biasanya mudah terbawa emosi. Banyak yang mengatakan bahwa emosi pada wanita hamil diakibatkan perubahan hormon kehamilan. Emosi yang berlebihan dapat membahayakan janin, jadi kendalikanlah emosi dengan cara mendekatkan diri pada Tuhan, bercengkrama dengan suami, dan sebagainya.

2. Asupan Nutrisi yang Cukup

Untuk dapat menjaga kehamilan muda dapat dilakukan dengan mengkonsumsi nutrisi secara cukup. Hal ini dapat menjaga kahamilan agar tidak mengalami keguguran. Biasanya wanita hamil akam merasa mual dan kadang muntah saat sedang hamil muda yang membuat selera makan menurun. Walaupun mual wanita hamil haruslah tetap makan terutama yang nutrisinya tinggi agar kehamilan tetap terjaga.menjaga kehamilan usia muda

3. Hindari Kebiasaan Buruk

Menjaga kehamilan selanjutnya adalah wajib menghindari beberapa kebiasaan buruk, seperti meminum minuman keras, merokok, menggunakan narkoba dan obat obatan berbahaya lainnya. Kebiasaan itu harus dihindari agar pertumbuhan janin tidak terhambat. Penelitian menyatakan wanita hamil yang merokok berpeluang besar bayinya lahir cacat dan bahkan bisa sampai keguguran.

4. Hindari Aktivitas yang Berat

Dengan menghindari aktivitas yang berat berarti Anda menjaga kehamilan pertama agar tetap sehat. Selain jangan berdiri ataupun duduk terlalu lama yang dapat membuat wanita hamil cepat merasa lelah, aktivitas yang beratpun harus dihindari, seperti mengangkat benda benda berat, terlalu sering menyapu, memasak, dan mencuci. Maka usahakanlah wanita hamil untuk beristirahat secara cukup.

5. Menghindari Jenis Makanan Mentah

Untuk dapat menjaga kehamilan trimester kedua wanita hamil dapat melakukannya dengan menghindari jenis makanan yang mentah. Karena wanita hamil rentan akan infeksi penyakit yang bersumber dari virus, kuman, dan bakteri. Dan virus, kuman serta bakteri ada didalam makanan yang masih mentah. Jadi sangat dianjurkan wanita hamil untuk memakan makanan yang sudah matang untuk kesehatan janin.

Read More:

6. Menjaga Agar Tubuh tak Terkontaminasi Kotoran Hewan

Apabila pasutri memelihara binatang seperti, anjing, kucing, dan sebagainya, alangkah baiknya untuk ibu hamil sementara waktu menjauhkan diri dari binatang tersebut. Karena binatang dapat menularkan virus toxoplasma yang tersebar lewat kotoran hewan. Virus tersebut dapat menyebabkan cacat janin bahkan keguguran. Jika terkena virus tersebut untuk dapat menghilangkannya membutuhkan perawatan yang panjang.

7. Konsultasi Kehamilan ke Dokter Kandungan

Konsultasi kehamilan secara rutin ke dokter kandungan adalah hal penting yang harus dilakukan oleh wanita hamil untuk mengetahui kesehatan dan timbuh kembang si janin. Jangan sungkan untuk selalu menyampaikan semua keluhan yang terjadi selama kehamilan, seperti mules, mual, lemas, pusing, dan lain sebagainya. Hal itu untuk mempermudah dokter dalam mengetahui kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

Ada banyak cara menjaga kehamilan yang dapat dilakukan oleh semua wanita hamil. Setiap wanita hamil mempunyai kondisi dan karakter yang berbeda beda sehingga wanita hamil dapat memilih cara yang paling efektf. Semoga penjelasan diatas bermanfaat. Terimakasih.

Cara Menjaga Kehamilan Agar Tidak Mengalami Keguguran | Shabranskyy | 4.5