Hal yang Perlu Diketahui oleh Ibu Hamil Muda

Memasuki masa kehamilan bagi ibu hamil muda terkadang akan membuat mereka khawatir dan bingung. Selain merasakan kebahagianan karena akan hadirnya buah hati, ibu hamil biasanya juga menjadi cemas dengan semua perubahan yang terjadi, cemas mngenai apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjaga kesehatan jani dan bingung mengenai bagaimana caranya menangani semua itu. Nah jika Anda baru mengalami kehamilan pertama, simaklah baik baik informasi dibawah ini dengan seksama.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil Muda

1. Ibu Hamil Muda Keluar Darah

Sekitar 25% pendarahan pada ibu hamil muda dialami pada trimester pertama. Pada ibu yang usia kandungannya masih muda, darah yang keluar sedikit menandakan bahwa embrio menempel pada dinding rahim atau terjadi implantasi. Tapi perlu diwaspadai jika darah yang keluar itu jumlahnya banyak ditambah rasa nyeri di perut karena dapat merupakan tanda keguguran. Jadi sebaiknya periksakanlah kedokter kandungan.

2. Keputihan

Ibu hamil muda keputihan, merupakan peristiwa keluarnya cairan putih agak kental, hal ini wajar saja terjadi pada saat kehamilan. Untuk itu pakailah panty liner jika hal itu dapat membuat Anda nyaman. Tapi panty liner tersebut harus rajin diganti karena dapat menimbulkan infeksi di organ intim Anda. Jika keputihan yang dialami mengeluarkan cairan berwarna hijau dan baunya tidak sedap, segera periksakan ke dokter kandungan.Ibu Hamil Muda

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil Muda

1. Meminum Air Kelapa

Pernah ada riset yang menunjukkan bahwa ibu hamil muda minum air kelapa boleh dilakukan, karena air kelapa tidak memberikan pengaruh buruk pada kandungan ibu hamil. Malahan air kelapa yang manisnya alami mempunyai banyak sekali manfaat untuk menghilangkan racun dalam tubuh dan untuk memenuhi kebutuhan air seharian, air kepala juga dapat digunakan sebagai penghilang dehidrasi setelah kehamilan.

2. Berhubungan Intim

Ada yang menyebutkan bahwa ibu hamil muda boleh berhubungan intim selama kondisi kandungannya normal. Karena janin sebenarnya dilindungi cairan ketuban yang ada di rahim dan dilindungi oleh otot otot rahim yang kuat, maka dari itu, melakukan aktivitas seksual ketika sedang hamil tidak akan memperngaruhi kandungan Anda. Yang penting aktivitas tersebut jangan dilakukan secara kasar agar perut tidak terguncang keras.

Baca juga:

3. Memakan Durian

Pada ibu hamil muda, memakan durian tidaklah dilarang yang penting takarannya masih wajar. Bila ibu hal hanya memakan daging durian tak lebih dari 3 biji, tentunya manfaatlah yang akan didapat dan dapat juga menjaga kesehatan. Tapi ada alangkah baiknya ibu hamil tidak memakan durian karena durian mempunyai efek panas yang dapat merusak organ tubuh, lebih baik mengkonsumsi buah yang aman saja.

4. Tetap Diet

Banyak sekali ibu hamil melakukan aktivitas diet. Tapi hal itu sebenarnya tidak boleh dilakukan ketika sedang hamil karena mempunyai resiko yang buruk bagi janin. Diet yang dilakukan akan membuat janin kekurangan asupan nutrisi yang penting selama masa pertumbuhan. Akibat dari diet yang dilakukan juga dapat membuat bayi ketika dilahirkan menjadi cacar karena kurangnya nutrisi.

5. Merokok

Menjadi seorang perokok aktif maupun pasif sangatlah dilarang untuk ibu hami. Karena didalamnya terdapat nikotin yang bila terhirup akan membuat janin mengalami gangguan. Zat asam yang ada di nikotin dari asap rokok dapat menyebabkan masalah paru paru serta gangguan pada berat badan janin. Biasanya bayi yang lahir dari ibu perokok aktif atau pasif, bayinya akan renta terkena penyakit.

Jadi sebagai ibu hamil muda haruslah tau apa saja yang akan dialaminya, serta hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan atau dimakan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi Anda. Terimakasih.

Hal yang Perlu Diketahui oleh Ibu Hamil Muda | Shabranskyy | 4.5