Tahapan Perkembangan Bayi Setiap Bulan

Ibu memang sangat berperan penting dalam perkembangan si buah hati. Harus benar-benar diperhatikan setiap perkembangannya, agar anda juga tidak kehilangan momen-momen perkembangan si anak. Cara penanganan yang tepat bisa anda lakukan sesuai dengan usia perkembangan si bayi. Mulai dari makanan sampai bimbingan yang diberikan dengan kasih sayang. Untuk itu, anda para ibu harus mengetahui tentang perkembangan anak anda. Mulai dari perkembangan 0 bulan sampai perkembangan bayi 1 bulan keatas. Ini dia penjelasannya.

Tahapan Perkembangan Si Bayi

Mungkin dengan mengetahui bagaimana tahapan perkembangan si bayi, bisa menjadi acuan anda dalam melihat tumbuh kembang si bayi. Berikut penjelasannya tentang perkembangan bayi 5 minggu keatas secara umum.
Perkembangan pada Bayi Usia 1 Bulan

Pada usia 1 bulan atau bayi usia 1 setengah bulan ini bayi sudah melihat dengan cukup jelas dengan jarak sekitar 8 sampai 12 inchi, tersenyum, melakukan gerakan reflex sederhana seperti contohnya mencari putting, menggenggam, dan merespon sentuhan. Pada usia ini, bayi akan lebih banyak tidur daripada bangun. Bisa sampai setengah hari tertidur.

Perkembangan pada Bayi Usia 2 Bulan

Selanjutnya adalah perkembangan bayi 8 minggu. Di usia ini, bayi sudah bisa untuk membedakan suara dan wajah orang-orang terdekatnya. Kemudian sudah dapat menggenggam benda walau beberapa detik saja.

Perkembangan pada Bayi Usia 3 Bulan

Ada sedikit kemajuan dari perkembangan bayi usia 2 bulan. Pada usia 3 bulan ini, bayi sudah dapat memegang bahkan mengayunkan benda yang di genggam. Serta bayi akan mengikuti gerakan dan arah benda. Bayi juga sudah bisa untuk memiringkan badannya.

Perkembangan pada Bayi Usia 4 Bulan

Pada usia 4 bulan ini, bayi sudah bisa melakukan beberapa kegiatan seperti tengkurap, bermain dengan jari-jari tangannya, mulai memasukan benda ke dalam mulut. Di usia ini si bayi sudah mulai bisa mengoceh.Perkembangan Bayi tiap bulan

Perkembangan pada Bayi Usia 5 Bulan

Sudah mulai mengenali anggota keluarganya, mulai memasukan jari kakinya ke mulut, lalu sudah mulai senang untuk memainkan mainan. Pada usia ini si bayi juga sudah mengenali wajah anggota keluarganya.

Perkembangan pada Bayi Usia 6 Bulan

Si bayi sudah mulai bisa untuk berguling-guling, sudah bisa untuk meraih mainannya dan sudah bisa untuk marah apabila mainan yang akan diraih tidak bisa untuk diambil. Sudah bisa juga merasakan senang, takut dan marah.

Perkembangan pada Bayi Usia 7 Bulan

Si bayi sudah bisa mengangkat tubuhnya. Biasanya dengan menggunakan tangan atau kaki. Namun belum bisa merangkak. Sudah tahu namanya dan sudah mulai tumbuh gigi.

Perkembangan pada Bayi Usia 8 Bulan

Pada usia ini biasanya bayi sudah bisa untuk duduk sendiri hingga merangkak. Dan di usia ini, si bayi sudah bisa mengambil benda-benda kecil menggunakan jemarinya.

Perkembangan pada Bayi Usia 9 Bulan

Bayi sudah bisa belajar berdiri, yaitu dengan cara berpegangan atau merembet. Sudah bisa memahami beberapa kata dan juga mulai senang bermain dan bertepuk tangan.

Perkembangan pada Bayi Usia 10 Bulan

Sudah bisa berjalan walau dengan bantuan, sudah bisa duduk dari posisi berdiri, paham perintah, mengucapkan kata-kata dan berjoget.

Baca juga:

Perkembangan pada Bayi Usia 11 Bulan

Sudah bisa berjalan tanpa pegangan, sudah mulai bersosialisasi, sudah bisa mengambil benda dengan sempurna.

Perkembangan pada Bayi Usia 12 Bulan

Sudah bisa berjalan dengan lancar, mengucapkan beberapa kata, dan juga sudah mulai paham perintah dan melakukannya.
Itulah tadi penjelasan tahapan perkembangan anak mulai dari 1 bulan sampai 12 bulan atau 1 tahun. Semoga bermanfaat bagi anda para ibu agar tidak kaget atau bingung dalam menangani si anak.

Tahapan Perkembangan Bayi Setiap Bulan | Shabranskyy | 4.5