Tanda Ibu Hamil Menyusui Yang Perlu Anda Ketahui

Ketika bayi sudah lahir, kebahagiaan dari pasutri terasa jelas dari sorot matanya. Hal pertama yang akan muncul dibenak pasutri adalah bagaimana cara merawat bayinya dengan baik dan benar, terutama dalam pemberian ASI. Tapi telah banyak terjadi ibu hamil menyusui yang dalam istilah lainnya adalah kesundulan. Kejadian ini mungkin akan membuat khawatir sang ibu karena takut tidak bisa merawat bayinya secara baik.

Banyak orang yang bilang bahwa hamil saat menyusui bisa mengganggu pertumbuhan si bayi, tapi Anda tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut, karena pada saat ini telah banyak sekali produk susu untuk bayi yang bernutrisi tinggi. Hal terpenting yang harus diketahui adalah tanda yang muncul ketika hamil saat sedang menyusui. Nah dibawah ini penjelasan lengkapnya mengenai hal tersebut.tanda ibu hamil menyusui

Berikut Tanda Ibu Hamil Menyusui

ASI Mulai Menurun

Ciri ibu hamil menyusui yang pertama dapat dilihat dengan adanya perubahan ASI yang dihasilkan. ASI yang diproduksi akan menurun hal ini menyebabkan bayi merasakan ketidakpuasan dengan hal tersebut. Biasanya bayi akan menjadi marah atau rewel lalu posisi menyusui akan berpindah dari payudara satu ke payudara lainnya. Walapun penurunan jumlah ASI tersebut bukan merupakan satu satunya tanda hamil saat menyusui, tapi bisa juga dari faktor lainnya.

Rasa ASI Menjadi Tidak Enak

Ketika seorang ibu menyusui hamil lagi ditandai dengan rasa dari ASI yang jadi tidak enak. Hal ini akan membuat bayi merasa tidak senang dan akan menjadi mudah menangis dan rewel. Biasanya rasa ASI akan berubah menjadi asam atau terlalu asin. Warna pada ASI juga menjadi encer dan lebih bening dari ASI pada umumnya. Apabila sudah terjadi hal seperti ini ibu hamil menyusui dapat mempersiapkan untuk menghentikan bayi menyusu dengan cara yang benar agar bayi tidak rewel.

Baca juga: Berbagai Tips dalam Merawat Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Ibu Mudah Sakit

Kegiatan menyusui merupakan kegiatan yang dianggap berat, karena kehamilan sebelumnya yang membuat tubuh menjadi lemah. Ibu biasanya akan jadi sering sakit, seperti flu, masuk angin, ataupun demam. Untuk itu sebaiknya ibu memakan buah untuk ibu hamil menyusui yang memiliki nutrisi tinggi. Penyakit penyakit tadi berbeda dengan penyakit biasa pada ibu menyusui, hal ini dikarena perubahan hormon. Jika iya, maka ibu telah memasuki tahap morning sickness.

Bercak Darah Ringan

Kondisi ibu hamil saat menyusui bayi 4 bulan biasanya ditandai dengan adanya bercak darah ringan. Hal tersebut dapat disebabkan akibat adanya implantasi karena embrio sudah menempel di dinding rahim. Implantasi tersebut biasanya terjadi ketika kehamilan memasuki minggu ke 6 – 12. Meskipun ibu telah mengalami haid, maka darah yang keluar akibat dari implantasi berbeda, karena warna darahnya lebih cerah, sangat ringan, dan tidak sakit.

Pembesaran Rahim

Bentuk rahim setelah melahirkan normalnya akan kembali seperti sebelumnya. Bahkan ada yang setelah 2 minggu melahirkan ukuran didekat panggul akan kembali normal seperti semula. Semua proses itu akan menjadi cepat bila Ibu sedang menyusui. Bila Ibu mengalami hamil lagi, maka bentuk rahim akan kembali seperti ketika hamil. Anda dapat merasakannya dan melihatnya bahwa ada bagian di rahim yang berubah bentuknya seperti sedang hamil lagi.

Masih ada tanda ibu hamil menyusui lainnya seperti warna kulit berubah, haus yang tak kunjung henti, payudara berubah, lapar secara berlebihan, dan lain sebagainya. Semoga penjelasan di atas mampu memberikan tambahan ilmu bagi Anda semua. Terimakasih.

Tanda Ibu Hamil Menyusui Yang Perlu Anda Ketahui | Shabranskyy | 4.5